Home / LAMPUNG / BANDAR LAMPUNG / UPTD KPH XIII Adakan “Lomba Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa

UPTD KPH XIII Adakan “Lomba Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa

Lampung Selatan, lampungvisual.com-
UPTD KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok, Adakan kegiatan “Lomba Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa.”
Lomba yang diikuti peserta dari 22 Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) di sekitar Gunung Rajabasa itu, berlangsung di Kantor KPH XIII Komplek Pemkab Lamsel, Rabu (23/01/2019).
Kepala UPTD KPH XIII, Wahyudi Kurniawan mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencari dan mempromosikan durian lokal terbaik yang berada di Gunung Rajabasa.
“Durian yang terbaik akan diupayakan untuk pengembangan budidaya durian lokal unggulan di Gunung Rajabasa, sehingga nantinya akan diperbanyak jenis bibit durian dengan kualitas unggul tersebut dengan menerapkan metode vegetatif,” ujarnya.
Sementata itu, Mares Ersan selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan, dari 35 jenis varian durian yang dilombakan, setiap varian yang mempunyai potensi keunggulan dan kekhasan tertentu juga akan disimpan datanya sebagai database untuk KPH.
“Harapannya dengan kegiatan ini juga bisa lebih mengenalkan jenis-jenis durian lokal unggulan di Lampung ini ke kancah nasional maupun internasional untuk ke depannya,” terangnya.
Iqbal A. Ihsanu, selaku koordinator juri, bahwa ada 6 kriteria yang dinilai dalam lomba ini yaitu Berat, Aroma, Tekstur, Warna Daging Buah, Ketebalan Daging Buah, dan Rasa.
“Keenam kriteria tersebut mempunyai bobot yang berbeda sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan panitia dan juri,” katanya.
Dari hasil perlombaan, Juara 1 Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa adalah Durian “Tapak Indun” yang berasal dari LPHD Jondong dari Desa Jondong, Kecamatan Kalianda, Lamsel yang merupakan varietas asli Jondong.
Keunggulan utama durian ini adalah rasanya yang pas manisnya dilidah dan aromanya harum tapi tidak terlalu menyengat. Ukuran buah nya pun cukup besar dan ketebalan daging buah nya juga cukup tebal.
“Jenis durian ini asli dari wilayah Desa Jondong dan pohonnya sendiri sudah berumur kurang lebih 100 tahun,” ucap Basri salah seorang pemenang dari Desa Jondong.
Selain lomba Durian Lokal Unggul, kegiatan juga dimeriahkan dengan Lomba Makan Durian antar Resort di KPH untuk memupuk erat tali silaturahim dan kebersamaan antar pegawai di KPH. (Ari)
Penulis   : Ari
Sumber  : Sumatera Post
Editor     : Ari

871 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Bila Berkenan Tolong Bagikan

About Sub Admin

Check Also

Wagub Bachtiar: Pemimpin Harus Mampu Menjadi Guru, Teman, dan Pelayan

Bandar Lampung, lampungvisual.com= Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menuturkan tiga syarat kepemimpinan hebat di era …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pornvids rentalmobilpontianak videobokep18 fullbokep