Rabu , Desember 12 2018
Breaking News
Home / Lampung / Tulang Bawang Barat / TPQ Al-Hikmah Daya Sakti Miliki Segudang Prestasi

TPQ Al-Hikmah Daya Sakti Miliki Segudang Prestasi

Tulang Bawang Barat, lampungvisual.com-

Demi menjawab tantangan zaman dan memberikan solusi kepada masyarakat ditengah krisis multidimensional baik kondisi ekonomi juga karakter dan kepribadian bangsa ini yang makin hari mengalami kemunduran.

Terbukti  banyaknya  kasus Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), pemerasan, pemerkosaan yang masih marak. Fakta-fakta tersebut menunjukkan bahwa sangat buruknya karakter generasi dan masyarakat bangsa ini yang perlu segera diperbaiki. Menyikapi hal ini jurus yang paling jitu dan ampuh adalah suatu pendidikan religi yang mapan. Hal ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk menyelamatkan karakter generasi penerus bangsa.

“Sebagai bangsa yang mayoritas penduduknya muslim, maka pendidikan religi sangat diperlukan, salah satu bentuknya adalah melalui Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ). Demikian diungkapkan Pengasuh TPQ Al- Hikmah Daya Sakti kecamatan Tumijajar Asrofi, S.Sos.I kepada Lampungvisual.com, Minggu (25/11/2018). Pria ramah ini menuturkan, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) merupakan pendidikan non-formal jenis keagamaan yang menjadikan al-Qur’an sebagai materi utamanya. Sebenarnya yang namanya Taman itu ya bersih, rapi, nyaman, dan Menyenangkan. Namun karena keterbatasan fasilitas maka kami menggunakan fasilitas seadanya yang kami miliki,”ungkapnya.

Untuk mewujudkan kenyamanan TPQ Al-Hikmah agar indah dan nyaman dirinya berharap banyak kepada pemkab setempat untuk dapat memberikan bantuan kelengkapan KBM. Karena menurut Asrofi keberadaan TPQ Al-Hikmah bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap al-Qur’an sebagai sumber perilaku kehidupan umat islam.

Pendidikan yang ada di TPQ Al-Hikmah lebih menekankan pada dimensi akhlak meskipun tidak pula menafikan dimensi intelektual. Peserta didik (santri/santriwati) TPQ Al-Hikmah akan mendapatkan pendampingan yang lebih intensif dibandingkan pendidikan formal di sekolah. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa nyaman dalam belajar sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dipahami.

Diketahui TPQ Al-Hikmah memiliki berbagai kegiatan antara lain Kegitan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan pada hari Senin sampai dengan hari Sabtu, dengan rician dan jadwal belajar adalah  pada hari Rabu mata pelajaran  Figih, hari Sabtu mata pelajaran Tahfid. Kemudian pada hari Sabtu malam Minggu pembacaan Maulid/Hadroh.

Selain itu, TPQ Al-Hikmah juga memiliki kegiatan lain seperti belajar berkebun menanam Jagung, cabai serta kegiatan pengumpulan sampah, yang menarik adalah bagi santri yang sudah sampai jenjang Al Qur’an diterapkan system  “One day One Verse” maksudnya setiap hari menghafal satu ayat Alqur’an setiap mau belajar ngaji.

Pantauan wartawan lampungvisual.com Prestasi yang dimiliki oleh TPQ Al-Hikmah sangat luar biasa yakni berhasil menjadi Juara I lomba Hadroh tingkat kabupaten Tulang Bawang di ponpes Nurul Qodiri 2 Menggala pada Tahun 2018

Kemudian meraih Juara I lomba Hadroh dalam rangka harlah GP Ansor Ke-83 di kecamatan Tumijajar, Juara II Tahfid Putra dalam rangka Hari Santri tingkat kecamatan Tumijajar tahun 2018, meraih Juara III Tahfid Putri dalam rangka Hari Santri tingkat kecamatan Tumijajar beberapa tahun lalu.

Penulis: Gati Susanto

Editor  : Basri subur

2,703 kali dilihat, 21 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

DPO Curas Terhadap Pelajar di Tulang Bawang Barat Ditangkap Polisi

Tulang Bawang Barat, lampungvisual.com- Kepolisian Sektor (Polsek) Tulang Bawang Tengah berhasil menangkap WS (20), yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI