Kamis , Januari 24 2019
Breaking News
Home / MEDIA CREATIVE / Video : RTM Di Lampung Selatan Terima Bantuan Bekerja

Video : RTM Di Lampung Selatan Terima Bantuan Bekerja

Nasional, lampungvisual.com-

Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementrian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan berupa bibit ternak unggas dan bibit tanaman kepada Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Lampung Selatan melalui Program BEKERJA Tahun 2018.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Babulang Kecamatan Kalianda – Lampung Selatan, kamis (20/12) pagi, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung, Ir. Dessy Desmaniar Romas, MM memaparkan bahwa kegiatan ini bagian dari pelaksanaan Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) Kementan RI 2018.

Sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan memberdayakan RTM melakukan kegiatan pertanian yang menghasilkan, total 8.173 RTM di Lampung Selatan secara bertahap menerima bantuan diantaranya bibit itik petelur, ayam, kandang, ruminansia kecil (kambing) dan bibit tanaman holtikultura serta pala.

“Kegiatan dilaksanakan secara cluster, selain untuk menjamin ketahanan pangan dan konsumsi protein dari hasil sendiri, RTM akan memiliki daya saing untuk mengembangkan usaha pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.” kata Ir. Dessy Desmaniar Romas, MM.

Ir. Dessy Desmaniar Romas, MM menambahkan, bahwa telur-telur itik yang nantinya dihasilkan dari bibit produktif, dapat dikonsumsi RTM untuk memenuhi asupan gizi keluarga. Selain itu, kelebihan hasil produksi dapat dijual atau diolah sebagai usaha telur asin serta dapat juga ditetaskan untuk menghasilkan bibit yang baru.

Program #BEKERJA merupakan bantuan mendidik bagi RTM untuk aktif melakukan kegiatan pertanian yang berdampak ekonomi dan kesehatan. Sehingga para RTM yang tersebar di 40 Desa di Lampung Selatan akan bergerak dari garis kemiskinan dan lebih sejahtera.

Selain bantuan kandang, setiap RTM akan mendapat bantuan ternak unggas baik ayam maupun itik petelur sebanyak 50 ekor/ RTM dengan total bantuan sebanyak 408.650 ekor, berikut bantuan pakan yang ditargetkan mencapai 4.243.050 kilogram serta obat-obatan berupa desinfektan dan vaksin.

Untuk dropping kepada para RTM, bantuan tersebut saat ini ditampung di cluster penampungan di kecamatan Kalianda dan Candipuro, dan realisasi telah mencapai 100%.

Diketahui hingga saat ini untuk bantuan Komoditas Hortikultura bibit Kangkung terealisasi sebanyak 1.635 Kg serta pupuk 408.650 Kg. Sedangkan untuk pepaya sebanyak 24.519 batang beserta pupuk sebanyak 122.600 Kg, dan saat ini sedang dalam proses droping barang yang direncanakan akan ditanam akhir Desember atau saat musim hujan.

Untuk Bidang Perkebunan, Disbunnak Lampung telah melaksanakan Legalisasi Data Penerima Bantuan, sedangkan Benih Pala sebanyak 9.000 batang yang wajib bersertifikat juga telah selesai di drop dan dibagikan kepada RTM (2 Bibit Pala/ RTM). (Adv/Dra)

603 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Bila Berkenan Tolong Bagikan

About lampung visual.com

Check Also

Bupati Lahat Buka Rapat Konsultasi RPJM Kab Lahat 2019-2023

Lahat, lampungvisual.com- Dalam rangka mewujudkan masyarakat di Bumi Seganti Setungguan yang berakhlak dan mandiri makmur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pornvids rentalmobilpontianak videobokep18 fullbokep