PKPM Pemkab Pesawaran Ingin Darmajaya Ajarkan UMKM Pemasaran Online

Pesawaran,lampungvisual.com-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran berharap dapat menjadi tempat praktek kerja pengabdian masyarakat untuk mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya setiap tahunnya.
Hal itu disampaikan Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Zainal Arifin dalam pelepasan mahasiswa PKPM IIB Darmajaya di Kantor Kecamatan Negeri Katon, Pesawaran, Kamis (14/3/2019).
“Saya ucapkan terima kasih atas pengabdian mahasiswa dalam proses belajar di Negeri Katon, Pesawaran. Kita berharap mahasiswa yang telah menjalani PKPM dapat lulus dan menjadi sarjana yang kembali membangun masyarakat,” kata dia.
Menurut Zainal, tidak terasa satu bulan telah dijalani untuk membangun Pesawaran. “Waktu yang sebentar untuk PKPM. Karena apa yang dilakukan mahasiswa merupakan bagian belajar kepemimpinan dan bernegosiasi. Zaman era indus tri dan globalisasi tidak lagi dibutuhkan IPK yang tinggi, tapi dibutuhkan jiwa kepemimpinan dan negosiasi,” kata dia.
Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pesawaran ini juga mengatakan Bupati menginginkan Kabupaten Pesawaran dapat menjadi tempat PKPM mahasiswa IIB Darmajaya selanjutnya. “UKM di Pesawaran sangat banyak dan membutuhkan pendampingan. Ini yang dilakukan mahasiswa PKPM IIB Darmajaya,” ungkapnya.
Sementara itu, Camat Negerikaton, Rohayat menambahkan produk UMKM di desa yang berada di kecamatannya sangat banyak. “Kita berharap UMKM dapat memasarkan dengan online. Ini juga yang diminta oleh Pak Bupati. Karena website dan perangkatnya sudah ada setiap desa tapi belum digunakan secara optimal,” kata dia.
Diketahui, PKPM dilakukan mulai 14 Februari 2019-14 Maret 2019. Sebanyak 145 mahasiswa IIB Darmajaya tersebar di 13 desa di Kecamatan Negerikaton. Rohayat berharap ke depan mahasiswa IIB Darmajaya bisa kembali untuk memberikan pemahaman tentang website dan pemasaran online. “Seperti usaha lanting yang juga bisa lebih berkembang dengan pemasaran online,” imbuhnya.
Sedangkan, Dekan Fakultas Ilmu Komputer IIB Darmajaya, Sriyanto, S.Kom., M.Kom., Ph.D., mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pesawaran yang telah menerima mahasiswa dalam PKPM selama satu bulan.
“Kita mohon maaf apabila dalam melakukan kegiatan PKPM ada perbuatan yang tidak berkenan. Ke depan kita akan kembali dengan tim yang berbeda untuk membantu dalam hal teknis pengelolaan teknologi informasi,” kata dia.
Sriyanto berharap apa yang dilakukan mahasiswa selama PKPM dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat Pesawaran. “Semoga dapat memberikan manfaat masyarakat setempat selama sebulan PKPM berjalan,” kata dia.
sumber  : IIB Darmajaya
Editor    : Susan

676 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Bila Berkenan Tolong Bagikan

About Sub Admin

Check Also

Masyarakat Sambut Baik Hadirnya BLK Komunitas Berbasis Pesantren

Tulang Bawang Barat, lampungvisual.com Jalinan kerja sama antara Kemenaker RI dengan pesantren terkait pembangunan BLK …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pornvids rentalmobilpontianak videobokep18 fullbokep