Rabu , Desember 12 2018
Breaking News
Home / Lintas Desa / Meski Musim Hujan Petani Tubaba Tetap Tanam Cabai

Meski Musim Hujan Petani Tubaba Tetap Tanam Cabai

Tulang Bawang Barat, lampungvisual.com-

Petani di Tiyuh Candra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat kini mulai menggeluti budidaya tanaman cabai. Keseriusan ini selain didukung musim penghujan juga untuk dijadikan pendapatan menyambut Natal dan Tahun Baru.

“Meski musim hujan petani disini tetap menanam cabai, karena dengan banyaknya air sangat terbantu pertumbuhan tanaman bisa  tumbuh dengan subur. Kesempatan ini selalu kami manfaatkan untuk penanaman jenis tanaman muda, seperti cabai,” ujar sekretaris Tiyuh Candra Jaya Sarya, sabtu (10/11/2018)..

Dia mengatakan, jenis tanaman cabai merupakan salah satu jenis tanaman muda peka terhadap hujan maupun kemarau. Saat awal tanam dan pertumbuhan membutuhkan hujan, dan musim kamarau saat panen.

“Makanya, di saat didukung oleh musim hujan petani berlomba membuka atau memanfaatkan lahan untuk ditanamami tanaman muda contohnya sayuran maupun tanaman cabai,” sebutnya.

Pria ramah ini menambahkan, saat ini di tiyuh Candra Jaya, tanaman cabai sudah ada yang berumur 2 bulan  hingga  2.5 bulan. “ Belum lama ini kami melakukan cupturing  lebar Ini pak TPID di  kebun milik pak Salim usia tanaman sekitar 1.5 bulan,”ungkapnya.

Diketahui salah satu petani cabai Candra Jaya saat ini menanam  bahan baku sambal ini seluas 3 hektar, “ ini yang luasnya 3 hektar tanaman cabai kepunyaan mas Guna Damayanti, dan kami lakukan cupturing bersama TA kabupaten, PD, PLD, kepalo tiyuh dan staf Tim Inovasi Desa,”pungkasnya. (GS)

599 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

TPQ Al-Hikmah Daya Sakti Miliki Segudang Prestasi

Tulang Bawang Barat, lampungvisual.com- Demi menjawab tantangan zaman dan memberikan solusi kepada masyarakat ditengah krisis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI