Rabu , Februari 20 2019
Home / LAMPUNG / LAMPUNG TENGAH / Lampung Tengah Kembali Cetak Sejarah

Lampung Tengah Kembali Cetak Sejarah

Lampung Tengah, (LV)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah kembali mencetak sejarah. Dalam rangka memperingati HUT Lampung Tengah ke-71 dan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-66, Pemkab Lampung Tengah menyelenggarakan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dengan peserta terbanyak.

Sekitar 11.131 warga berpartisipasi mengikuti pemeriksaan yang tersebar di 15 titik yakni di Gedung Sesat Nuwo Balak, Kalirejo, Seputihraman, Seputihmataram, Seputihbanyak, Pubian, Bangunrejo, Sendangagung, Rumbia, Reputihsurabaya, Bandarsurabaya, Terusannunyai, Buminabung, Padangratu dan Trimurjo.

Lampung Tengah berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Kabupaten Buleleng Bali dengan jumlah peserta pemeriksaan IVA sebanyak 8 ribu orang. Sertifikat Muri diserahkan langsung oleh Awan Raharjo, perwakilan Muri kepada Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa.

Penghargaan tersebut, oleh Mustafa dipersembahkan untuk para wanita di Lampung Tengah dengan harapan dapat terbebas dari kanker, khususnya kanker serviks.

Kendati demikian, ia menegaskan target pemeriksaan IVA dengan peserta terbanyak bukanlah mengejar rekor Muri, tetapi sebagai salah satu langkah deteksi dini kangker serviks dan payudara. Pasalnya kedua kanker ini telah menjadi momok bagi para kaum wanita.

“Berdasarkan informasi dari kedokteran, 2 menit sekali orang meningggal akibat kanker. Tentunya ini harus diantisipasi denga