Kamis , November 15 2018
Breaking News
Home / Lintas Desa / Dinas lingkungan Hidup Tubaba Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Dinas lingkungan Hidup Tubaba Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Tulang Bawang Barat, lampungvisual.com-

Upaya Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat mendukung program pemerintah pusat yakni mengurangi serta memanfaatkan sampah organik Dinas Lingkungan Hidup, menggelar kegiatan pelatihan. Pelatihan pembuatan pupuk organic dari limbah tanaman dan ternak ini menghadirkan Narasumber R.Sudharma Basuki selaku Direktur Utama “Bio Process Technology”dari Bandung – Jawa Barat.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tulang Bawang Barat  H. Umar Ahmad, SP., Wakil Bupati H. Fauzi Hasan, SE.MM., wakil ketua DPRD  H. Ponco Nugroho, satker PSPL PU propinsi Lampung,  Lurah Mulya Asri, Dasawisma, PKK, kelompok tani, tokoh agama, tokoh masyarakat juga perwakilan dari sekolah mulai SD, SMP dan SMU yang mengikuti program adiwiyata binaan Dinas lingkungan hidup.

Acara yang digagas Dinas Lingkungan Hidup berkerja sama dengan KSM Mulya Asri di TPS 3R kelurahan Mulya Asri berjalan lancar. Dalam kesempatan tersebut R.Sudharma Basuki selaku narasumber memaparkan, sebelum pemanfaatan atau pengolahan sampah organik harus ada pemilahan sampah organik dan non organik, hal ini harus dimulai dari rumah tangga atau UKM. Pada keaempatan tersebut sudharma langsung mendemontrasikan cara pengolah sampah organic.

“Sampah tersebut harus dipisahkan dan nantinya akan diolah menjadi pupuk dengan menggunakan cairan MOL (mikro organisme lokal) kelebihan cairan ini proses pumbuatan pupuk organik dari limbah rumah tangga atau kotoran sapi,”ungkapnya.

Setelah prosesnya selesai pupuk tersebut langsung bisa digunakan untuk media tanam tanpa harus menunggu seminggu atau sampai bulanan. Meskipun berbau  kotoran ternak tersebut, setelah cairan gas metan disiramkan, maka kotoran sapi tidak lagi menimbulkan bau tak sedap.

Sementara itu, Kabid. Pengeloaan Sampah dan LB3 Dinas Lingkungan Hidup Tulang Bawang Barat Razid, SE. MM., menuturkan, program tersebut, selain untuk mendukung program pemerintah pusat, juga untuk mendidik masyarakat dalam menciptakan lapangan pekerjaan yakni pembuatan pupuk organik yang ramah lingkungan.

”Kegiatan ini kami lakukan dalam upaya mendidik masyarakat dalam memanfaatkan limbah tanaman dan ternak untuk diolah menjadi pupuk organic yang ramah lingkungan,”ungkapnya. Rabu (07/11/2018)

Dengan demikian kabupaten Tulang Bawang Barat bisa nakpak bersih, maju dan masyarakatnya sejahtera.  Pantauan di lokasi para peserta pelatihan Nampak antusias dan mereka optimis kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar pasar Mulya Asri. (Sum: Rasid/Wakyeng).

278 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Robert : Meski Hidup Sederhana Keluarga Tetap Bahagia

Tualang Bawang Barat, lampungvisual.com- Bekerja keras dan hidup sederhana, berpenampilan tidak sombong hemat dalam membelanjakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI