Home / Lampung / Bandar Lampung / UBL Kolaborasi Dengan Kementrian PUPR dan LPJK Adakan Seminar Nasional Penerapan Teknologi

UBL Kolaborasi Dengan Kementrian PUPR dan LPJK Adakan Seminar Nasional Penerapan Teknologi

Bandar Lampung, lampungvisual.com-

Universitas Bandar Lampung  (UBL) bekerjasama dengan Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) mengadakan seminar nasional penerapan teknologi konstruksi. Seminar dilaksanakan di Auditorium Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, Pasca Sarjana UBL pada tanggal 9 April 2018.

Seminar bertajuk “Penerapan Teknologi Infrastruktur Jalan Dan Jembatan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Dan Keselamatan Kerja” ini turut dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung, Ir. Mulyadi Irsan, MT, Ketua LPJK Provinsi Lampung Ir. Tubagus Ahmad Rif’at dan lebih dari 250 orang yang berasal dari asosiasi profesi, asosiasi pekerja konstruksi, instansi pemerintah bidang pekerjaan umum, dosen serta mahasiswa program studi (prodi) Teknik Sipil UBL .

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini Rektor UBL Dr. Ir. M, Yusuf S. Barusman, MBA mengatakan UBL sangat antusias menerapkan teknologi dalam berbagai hal. “Masyarakat konstruksi di UBL, fakultas teknik khususnya prodi teknik sipil sangat antusias dalam hal teknologi, karena kita percaya bahwa teknologi ini suka atau tidak suka, senang atau tidak senang menjadi driver kehidupan kita sekarang dan kedepan. Dan bagi siapapun dia yang alergi terhadap teknologi maka dia akan keluar dari kehidupan nyata sekarang” tuturnya.

Yusuf juga menambahkan bahwa UBL termasuk yang terdepan untuk implementasi dan antusiasme dalam teknologi. ”Kita sudah mendeclare sebagai digital campus, semua proses administrasi, perkuliahan dan sebagainya kita coba dekatkan dengan teknologi, seperti penggunaan QR Code dalam absensi mahasiswa, materi pembelajaran digital.  Dan Alhamdulillah dengan penerapan teknologi ini khususnya di prodi teknik sipil berhasil mendapatkan Akreditasi A dan menjadi satu satunya prodi teknik sipil perguruan tinggi swasta di luar pulau Jawa yang mendapatkan peringkat Unggul tersebut” ujar Yusuf.

 Kepala Balitbangda Provinsi Lampung, Ir. Mulyadi Irsan, MT memberikan apresiasinya dalam kegiatan ini. “Saat ini teknologi adalah sebuah keniscayaan dan kita sekarang masuk dalam era industri ke 4 dalam bentuk digitalisasi berbagai bidang dan kita harus bisa memanfaatkannya untuk keuntungan kita. Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini sebagai upaya mendukung pemahaman teknologi dalam nawacita Presiden RI yaitu daya saing dan juga rencana jangka menengah provinsi Lampung” tuturnya.

Wakil Rektor 1 Bidang AkademiK UBL, Dr. Ir. Hery Riyanto, MT mengatakan bahwa kegiatan ini di isi oleh empat pemateri yaitu Martalia, S.T., M.T., dari Balai Penerapan Teknologi Kementrian PUPR, Ir. Lazuari Nurdin dari Komite Keselamatan Kerja, Salman, S.Tdari PT. Pembangunan Perumahan dan Drajad Hari Suseno dari PT. Jasamarga Bali Tol.

Hery juga menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk pembinaan dan membuka wawasan peserta tentang konstruksi dan teknologi infrastruktur jalan dan jembatan “Kegiatan ini bertujuan sebagai pembinaan dan membuka wawasan bagi calon-calon pekerja kontruksi seperti mahasiswa, selain itu juga menjadi sarana pengembangan diri untuk pekerja kontruksi yang telah terlibat” ujar Hery saat ditemui di Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, Pasca Sarjana UBL, Selasa (10/4/2018).

Menurut Hery seminar seperti ini sering diadakan di UBL dan akan terus berlanjut “Seminar seperti ini rutin kita selenggarakan, diharapkan dengan adanya seminar-seminar seperti ini paling tidak peserta khususnya mahasiswa UBL dapat menambah wawasan dan mengenal teknologi-teknologi yang digunakan dalam kontruksi” tutup Hery. (*)

1,192 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI