Senin , Desember 17 2018
Breaking News
Home / Lintas Desa / Tim Inovasi Desa Kecamatan Tulangbawang Tengah Lakukan Cupturing

Tim Inovasi Desa Kecamatan Tulangbawang Tengah Lakukan Cupturing

Tulangbawang Tengah,lampungvisual.com-

Tim Inovasi Desa tingkat kecamatan Tulangbawang Tengah terus melakukan kegiatan cupturing di tiyuhtiyuh yang ada di kecamatan setempat. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua TPID Kecamatan Tulang Bawang Tengah M. Faiz Alkhoiri, camat Tulang Bawang Tengah, para PD, PLD, perangkat Tiyuh serta pengelola BUMTi, Senin ,(25-12-2017).

Masyarakat telah merasakan manfaatnya, karena kinerja TPID kecamatan Tulangbawang Tengah, dibawah komando M. Faiz Alkhoiri, telah memberi kontribusi serta bhakti pada tiyuh. Suatu pengabdian proram yang telah terbukti berhasil mendukung percepatan pembangunan pedesaan dan sekaligus merawat semangat gotong-royong bangsa ini.

Integritas dan kemanunggalan PD, PLD dibawah komando ketua TPID dengan rakyat, serta Pemerintah desa melalui perangkat desa, seperti ini menjadi kekuatan yang sungguh luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi.

TPID telah menjadi sebuah terobosan baru untuk menyelaraskan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, pengangguran dan perwujutan daulat energi serta pangan di Kabupaten Tubaba.

“Kita ingin tiyuh/desa semakin maju, dan pembangunan antara desa dan kawasan perkotaan seimbang. Kota maju, desa juga tidak kalah maju, namun bukan berati desa harus menjadi kota. Kita tetap pertahankan desa sebagai etnis yang unik, dengan kearifan yang lokal yang selalu terjaga.” ungkap M. Faiz Alkhoiri.

Pantauan lampungvisual.com, kinerja TPID Tulangbawang Tengah sangat maksimal dalam berbagai kegiatan baik Perencanaan, Pembangunan, Pembinaan dan Pemberdayaan dalam menggali potensi yang ada di tiyuh.

Hal ini diharapkan mampu mengangkat peternakan ayam jamu agar menjadi sebuah Inovasi yang kreatif. Sehingga bisa mempunyai nilai dan menunjang kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“Selain ternak ayam kampung jamu juga memproduksi pakan dan minuman ayam, ternak ini sangat besar manfaatnya, karena dapat menunjang swasembada daging di Tubaba dan hasilnya dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. ujarnya.

Sementara itu, di Tiyuh Tunas Asri Tim TPID melakukan cupturing di Tiyuh Tunas Asri, di tiyuh tersebut menggeluti budidaya cacing Lumbricus atau cacing tiger.

Menurut peternak cacing lumbricus Suyatno mengatakan, manfaat dari cacing tersebut sangat baik bagi tanah.

Dalam bidang pertanian, cacing menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Akibatnya lahan menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi lebih baik.

Manfaat cacing tanah dapat digunakan sebagai bahan pakan ternak, karena kandungan protein, lemak dan mineralnya yang tinggi, cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti unggas, ikan, udang dan kodok,” ujarnya.

Selain itu, menurut Yatno manfaatnya juga dapat digunakan sebagai obat serta bahan kosmetik. Uniknya lagi cacing tersebut bisa hidup di tempat yang panas.

Sementara itu, harapan masyarakat semoga kehadidaran TPID dapat mewujudkan terciptanya kesehatan masyarakat yang optimal dengan adanya peran serta dari masyarakat secara teratur dan berkesinambungan.

Diketahui kegiatan TPID Kecamatan Tulangbawang Tengah telah maksimal dalam berbagai kegiatan, baik Perencanaan, Pembangunan, Pembinaan dan Pemberdayaan dalam menggali potensi  yang ada di tiyuh untuk mengembangkan misi kesehatan masyarakat menjadi sebuah Inovasi yang kreatif. Sehingga bisa mempunyai nilai dan menunjang kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

”TPID ini sangat besar manfaatnya, karena dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dan bisa mewujudkan kesehatan warga baik di lingkungn tiyuh khususnya maupun masyarakat di kecamatan Tulangbawang Tengah umumnya,”pungkasnya, sembari mengucapkan motto “Salam berdesa. Dari Desa Membangun Indonesia.

Penulis: Gati Susanto

Editor : Basri Subur

1,143 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Bunga Sakura Hiasi Jalan Protokol Solusi Cantik Merubah Wajah Tubaba

Tulangbawang Barat,lampungvisual.com Negara Jepang merupakan wilayah wisata yang kerap dikunjungi wisatawan asing  terlebih saat musim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *