Home / Lampung / Tanggamus / Petani Pepaya California Kota Agung Naik Kelas

Petani Pepaya California Kota Agung Naik Kelas

Tanggamus, Lampungvisual.com-

Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggelar kegiatan pelatihan usaha lanjutan kepada kelompok petani dan pengepul pepaya california yang merupakan nasabah binaan produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) di wilayah Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas produk petani pepaya california diadakan di Taman Wisata Muara Indah, Kabupaten Tanggamus pada Rabu (18/04).

Arief Mulyadi, Direktur Utama PNM mengatakan, “Kelompok petani dan pengepul pepaya california dihadiri oleh 73 nasabah ULaMM binaan PNM. Pada pelatihan ketiga ini, berfokus pada pemanfaatan batang dan daun pepaya california menjadi Mikro Organisme Lokal (MOL), pupuk dan pakan ternak, sementara buah pepaya california diolah menjadi donat pepaya sehingga dapat bernilai tinggi dan memberikan keuntungan lebih kepada mereka”. Kelompok usaha pepaya california dibentuk pada 13 Desember 2017 dan sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dan pembinaan secara berkala pada Desember 2017 dan Februari 2018.

“PNM menyadari bahwa para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sangat memerlukan pendampingan dan pelatihan agar dapat meningkatkan kompetensi mereka. Dengan adanya program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang kami miliki, kami membentuk klaster usaha yang akan menjadi ruang bagi nasabah untuk membangun jaringan usaha sehingga dapat mendorong inovasi dan kreatifitas mereka dalam meraih kesuksesan”, tambah Arief Mulyadi. Kegiatan pelatihan menghadirkan Sandi Asmara, Dosen Teknik Pertanian Universitas Lampung yang mengajarkan beragam teknik produksi olahan turunan dari pepaya california yang memiliki nilai jual tinggi.

Dengan adanya pelatihan dan pendampingan kelompok petani dan pengepul pepaya california, mereka kini telah berhasil memahami tentang Tekhnik penanaman yang meliputi pemilihan bibit yang baik, proses penanggulangan masalah tanaman sampai dengan menghasilkan buah yang baik dan penanganan pasca panen, tekhnik penyimpanan serta peningkatan hasil panen.

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan, yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU memberikan pelatihan, pendampingan serta jasa menajemen kepada nasabah ULaMM yang disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, program ini menjadi keunggulan PNM yang membedakan dengan lembaya pembiayaan lainnya.

Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) merupakan produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Saat ini PNM memiliki 2.128 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 630 kantor layanan ULaMM dan 1.434 kantor cabang Mekaar.(Rls/pku)

Laporan : yoes

3,249 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Begini Curhat Lulusan SMA ke Cawagub Jajuli

Tanggamus, lampungvisual.com- Kurnia Wijaya, seorang anak lulusan SMA di Tanggamus, saat sesi penyampaian harapan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI