Jumat , Desember 14 2018
Home / Ragam Pendidikan / Pengembangan Inovasi Teknologi, ini Kata Pakar IT IIB Darmajaya

Pengembangan Inovasi Teknologi, ini Kata Pakar IT IIB Darmajaya

Bandar lampung, lampingvisual.com-Dibutuhkan Waktu belasan tahun untuk evolusi sebuah ide dan perlu adanya kesabaran, ketekunan, dan konsistensi untuk menjalaninya. Hal itu dikatakan pakar IT Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr. Onno W Purbo, saat menjadi pembicara pada Prorgam Expert Development yang digelar Prasetya Mulya Business Scholl, Selasa (21/8/2018) lalu.

Saat diskusi yang digelar Ruang Activity Hall, Lantai Dasar Gedung 1, di Jalan R.A. Kartini, Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430 itu, dosen tetap Pascasarjana IIB Darmajaya itu menjelaskan sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan sebuah inovasi.

Di antaranya, mendengarkan keinginan masyarakat, cari solusi bukan ikut komplain. “Dan siapkan waktu untuk membaca perkembangan teknologi serta memiliki keinginan kuat untuk ngoprek (mengutak-atik) teknologi baru agar menghasilkan sebuah inovasi yang dapat berguna untuk kepentingan masyarakat banyak,” kata Onno W Purbo, kepada Darmajaya.ac.id, Rabu (19/9/2018).

Pakar IT Internasional itu juga menjelaskan banyak sekali keinginan masyarakat Indonesia di bidang IT atau telekomunikasi. Diantaranya internet murah, bahkan kalau bisa gratis. “Kemudian, telepon gratis. Bahkan kalau bisa masyarakat inginnya tidak ada operator,” kata dia.

Untuk mengakomodir itu semua, Onno memberikan solusi yang harus dilakukan pemerintah dalam hal ini Kemenritekdikti. Diantaranya, mencari solusi yang tepat, mendorong untuk merubah aturan yang ada. “Misanya menyediakan internet murah seperti warnet, RT/RW-net, Wajanbolic, atau Mesh Network,” kata dia.

Sedangkan contoh telepon murah, menurut Onno, misalnya VolP Merdeka, VolP Rakyat, dab OpenBTS yang hanya membutuhkan software asterisk, openSIPS, openBTS dan lain-lain.

Onno W Purbo yang merupakan dosen tetap IIB Darmajaya, menjadi narasumber Expert Development Program yang diselenggarakan Astra International (Tbk). Kegiatan itu digelar sejalan dengan program pengembangan karyawan di Grup Astra.

Sementara, Head of Corporate People Depelopment Astra International (Tbk) Agustina Wulandari mengatakan kegiatan itu dengan topik Creating The Business Impact. Tujuannya adalah untuk membekali expert dengan pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menciptakan produk atau jasa yang selaras dengan strategi bisnis.

Sedangkan Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc mengatakan pihaknya selalu membuka peluang kepada berbagai pihak yang ingin menggunakan kepakaran dosen-dosen di kampus biru ini. Sebagai kampus ekonomi bisnis berbasis teknologi, pihanya juga selalu mengembangkan inovasi-inovasi baru yang dibutuhkan masyarakat luas.

“Bukan hanya di bidang IT, kami juga membuka kesempatan kepada semua pihak yang membutuhkan kepakaran dosen-dosen kami yang hampir 80 pesen bersertifikasi internasional. Misalnya untuk bidang ekonomi dan bisnis, manajemen, dan bidang lain di bidang IT,” kata Firmansyah. (**)

515 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Himpunan Mahasiswa Kristen dan Katolik IIB Darmajaya Sukses Gelar Retreat

Bandar Lampung,lampungvisual.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Mahasiswa Kristen (Himkris) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI