Senin , Desember 17 2018
Home / Ragam Budaya / Pedagang Bendera Musiman di Tubaba Mulai Ramai Bermunculan

Pedagang Bendera Musiman di Tubaba Mulai Ramai Bermunculan

Panaragan, (LV)-Para pedagang bendera musiman di Kabupaten Tulang Bawang Barat terlihat mulai ramai bermunculan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 72 tahun pada tanggal 17 Agustus mendatang, Jum’at (4/8/17)

Terlihat di beberapa titik  jalan utama kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) bendera merah putih dan umbul-umbul bercetakan foto Presiden pertama Ir Soekarno berkibar menghiasi tepi jalan seperti yang ada di simpang PU, Tiyuh Murni Jaya Kecamatan Tumijajar dan didepan Pasar Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Dani (26) Warga Asal Garut Jawa Barat, yang berjualan di Simpang PU, meski masih sepi pembili dirinya sudah delapan hari berjualan.

“Harganya bervariasi mulai dari Rp 5 ribu, sampai dengan Rp 25 ribu. Kalau umbul-umbul yang paling mahal jenis begron, harganya Rp. 250 ribu sampai Rp. 500 ribu. kata Dani pedagang bendera asal Garut Jawa Barat.

Menurut dia penjualan saat ini masih tergolong sepi, biasanya hasil penjualan akan meningkat satu minggu sebelum perayaan 17 Agustus.

“Mujur-mujuran sehari laku empat potong. Tapi untungnya ada yang masih mau membeli umbul – umbul,” kata dia.

Senada dikatakan oleh Ajun (28)  harga bendera dengan ongkos , kos-kosan kadangkala tidak seimbang. Kadang keuntungan hanya cukup untuk bayar uang kos dan makan sehari-hari.

“Tiap tahun tidak sama, tapi kalau dilihat tahun ini agak bagusan,” kata dia yang sudah berhasil menjual beberapa potong bendera untuk Motor dengan harga Rp. 5000 ribu.”

Menurut dia seminggu sebelum 17 Agustus biasanya jumlah pembeli akan meningkat, Meski begitu, Ajun,  mengatakan banyak suka duka dialami oleh penjual bendera, seperti dagangan tidak laku sama sekali, atau harus ngutang ke sesama teman penjual bendera.

“Meski begitu saya bangga masih bisa menjual bendera merah putih untuk meramaikan hari kemerdekaan,” ujarnya.

Untuk menarik minat pembeli, berbagai cara dilakukan oleh pedagang. Ada yang memvariasikan umbul-umbul dengan simbol garuda, ada juga yang mencetak foto pahlawan.

Laporan : Basri Subur

272 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Terjang Rumah Warga

Tulangbawang Barat, lampung visual.com- Angin kencang disertai hujan deras meluluhlantakkan pepohonan dan rumah warga lingkungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *