Home / Lampung / Bandar Lampung / Lampung Juara Nasional di Rakorteknas II 2017

Lampung Juara Nasional di Rakorteknas II 2017

Nasional, (LV) – Provinsi Lampung kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkatan Nasional, dengan menyabet tiga penghargaan sekaligus di Rapat Koordinasi Teknis Tingkat Nasional (Rakorteknas) II 2017 Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian, yang digelar di Hotel JW Marriot, Surabaya, senin (11/12) kemarin. Rakorteknas II 2017 yang digelar oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian ini, dihadiri oleh Dinas Peternakan Propinsi seluruh Indonesia.
Pada pembukaan Rakorteknas tersebut, diumumkan pembagian penghargaan berdasarkan beberapa kategori, dan Provinsi Lampung menyabet Tiga Penghargaan. Yakni; Juara 2 Capaian Insekminasi Buatan (IB) Tingkat Nasional, Juara 1 Capaian Bunting Tingkat Nasional, serta Juara 1 Serapan Aktual TP Pagu Lebih dari 20 Milyar Tingkat Nasional.
Kabid Peternakan Ir. Lili Mawarti, mewakili Kadis Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Ir. Dessy Desmaniar Romas, mengatakan bahwa Upsus Siwab adalah Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting yang merupakan salah satu kegiatan dari Program NAWACITA Presiden Jokowi, dalam rangka meningkatkan kedaulatan pangan selain Upsus Pajale (Padi Jagung dan Kedele).
“Pada kegiatan Upsus Siwab ini target lampung untuk akseptor IB sejumlah 190.889 ekor sudah tercapai 228.198 ekor atau melebihi target sebesar 119,54% periode 1 Januari – 8 Desember 2017.” kata Ir. Lili Mawarti.
Lili menambahkan bahwa untuk target kebuntingan sebanyak 152.711 ekor terealisasi 146.481 ekor atau 95.92 % dan optimis pada akhir tahun ini dapat mencapai target 100 %.
“Lampung adalah satu-satunya Provinsi yang mendapat 3 Penghargaan sekaligus pada kegiatan Upsus SIWAB dan merupakan Provinsi yang berhasil melaksanakan Upsus SIWAB diluar Pulau Jawa, tidak salah kalau Provinsi Lampung dikatakan sebagai Lumbung Ternak.” imbuh Lili.
Proses penyerahan Penghargaan dilaksanakan langsung oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian, I Ketut Diarmita, dan diterima oleh Kadisbunnak  Ir.Dessy Desmaniar Romas, Kabid Peternakan Ir. Lili Mawarti serta Kabid Keswan dan Kesmavet drh. Anwar Fuadi.
Melalui Upsus Siwab diharapkan terwujud kemandirian pangan asal hewan di Provinsi Lampung. Kemudian sebagai bentuk komitmen mengejar swasembada sapi Nasional yang ditargetkan Presiden Jokowi tercapai pada 2026, serta dapat terus berkembang menuju Lumbung Pangan Dunia 2045.
Laporan: Endra Saputra
Editor: Basri Subur

1,199 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Pemprov Lampung Sambut Baik Kuliah Umum Deputi Pencegahan KPK di Depan Mahasiswa STQABM

Bandar Lampung, lampungvisual.com-Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) David Sepriwasa dan Ketua Dewan Penasehat Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *