Breaking News
Home / Ragam Pendidikan / Jalin Kerjasama SSND dan Kampus Biru ini Sepakat Kembangkan UMKM

Jalin Kerjasama SSND dan Kampus Biru ini Sepakat Kembangkan UMKM

Bandar Lampung, lampungvisual.com-

Guna meningkatkan sumber daya manusia dalam Program Pengabdian Masyarakat dan Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar pelatihan peningkatan daya saing UMKM melalui penerapan sistem pengendalian kualitas.

Kegiatan itu atas kerjasama IIB Darmajaya dengan Serikat Saudagar Nusantara Daerah (SSND) yang diselenggarakan di Aula Pasca-Sarjana Gedung Hj. Yoenidar Karim, Sabtu (11/8/2018) pagi hingga siang hari dan diikuti sekitar 90 peserta. Penandatanganan MoU antara kebelahdua pihak, dari IIB Darmajaya diwakili Plt Rektor Dr. RZ. Abdul Aziz., M.T., dan dari pihak SSND dilakukan Ketua SSND Abizar Al Ghifan.

Pelatihan meliputi, pemberian materi gugus kendali mutu kepada UMKM di Provinsi Lampung, meningkatkan daya saing dengan meminimalisir kecacatan dalam produksi. Dengan pelatihan dan penandatanganan MoU ini, diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di Lampung melalui penerapan sistem pengendalian kualitas.

“Kami menyambut baik kerjasama ini, apalagi Serikat Saudagar Nusantara Daerah bisa memberikan ilmu dari pengalaman pengembangan UMKM di lapangan,” kata Plt. Rektor IIB Darmajaya Dr. RZ. Abdul Aziz. M.T., usai penandatanganan MoU dengan pihak SND.

Menurut Aziz, pihak IIB Darmajaya berusaha akan memberikan kontribusi dalam pengembangan UMKM di Lampung dan berkomitmen terus menjalin kerjasama dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Dia juga mengatakan negara yang bagus adalah negara yang memiliki enterpreneur yang banyak.

Sehingga, kata dia, akan membantu perekonomian negara. “Melihat pelaku UMKM yang hadir saat ini, saya yakin akan meningkatkan perekonomian yang bagus. Namun, dalam proses peningkatan tersebut haruslah diimbangi dengan pengendalian mutu yang bagus.

Dalam kerjasama itu pula, Kampus Biru dengan tagline darmajayathebest akan menjadi Total Quality Management (TQM) Center di Provinsi Lampung. “Kami ingin, pelatihan kepada pelaku UMKM di Lampung ini tidak hanya saat ini, tapi dilanjutkan dengan pelatihan berikutnya,” kata dia.

Sementara itu, Ketua SSND Abizar Al Ghifan mengatakan kerjasama pihaknya dengan IIB Darmajaya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat terutama dalam pengembangan UMKM di Lampung. “Kami sangat yakin, dengan adanya kerjasama ini perkembangan UMKM di Lampung akan semakin baik dan tentu saja akan meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama pelaku UMKM,” kata dia.

Dia juga mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini akan memberikan ilmu kepada UMKM dengan tujuan peningkatan kualitas mutu dari segi produksi hingga SDM. Dilanjutkan lagi, diharapkan kegiatan seperti ini akan terjalin terus sehingga hubungan silahturahmi akan terus terjaga. (**)

859 kali dilihat, 28 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Raih 10 Gelar Juara, 5 Mahasiswa IIB Darmajaya Wakili Lampung di Ajang Peksiminas

Bandar Lampung, lampungvisual.com- Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya berhasil meraih 10 juara dalam Pekan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI