Sabtu , November 17 2018
Home / Lampung / Lampung Barat / Disporapar Lambar  Menggelar Kegiatan Seleksi Paskibraka

Disporapar Lambar  Menggelar Kegiatan Seleksi Paskibraka

Lampung Barat, Lampungvisual.com

Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar kegiatan Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Nata Magha Liwa (03/3), dibuka oleh Sekretaris DPRD Lambar Mulyono.

Peserta Seleksi Paskibraka Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 diikuti oleh siswa perwakilan seluruh Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Setiap peserta  diwajibkan mengikuti beberapa test seperti Cek Kesehatan, Pengetahuan Umum, Sejarah, Kepemimpinan, dan Publik Speaking. Lalu test yang lain adalah kemapuan, peraturan Baris Berbaris, dan Test Fisik. Dari seluruh peserta seleksi yang ikut, akan dipilih sejumlah lima puluh orang sebagai anggota pasukan pengibar bendera.

Dalam pelaksanaan seleksi ini peserta disamping menjalani  secara test fisik, juga peserta diberikan pembinaan secara mental. Pembinaan secara mental ini berguna dalam pembentukan sikap mental yang  diperlukan pada saat pelaksanaan pengibaran sang saka  Merah Putih pada saat puncak acara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018 nanti.

Dalam sambutannya Sekretaris Disporapar Kabupaten Lampung Barat Sandarsyah mengatakan bahwa salah tujuan dari seleksi anggota Paskibraka ini adalah untuk menyaring dan memilih anggota Paskibraka yang benar-benar mampu menjalankan tugasnya sebagai Pasukan Pengibar Bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2018 ini. Tujuan yang lain adalah dalam upaya menanamkan nilai-nilai Kedisiplinan, Nasionalisme dan Patriotisme para peserta.

Dia mengharapkan akan terjadinya kesuksesan dalam  pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Lampung Barat tahun 2018 ini.

Dari hasil seleksi ini diharapkan terdapat pemuda Lampung Barat yang berhasil dan mewakili Kabupaten Lampung Barat menjadi petugas pengibar bendera pada HUT Kemerdekaan RI tahun 2018 di Propinsi Lampung atau bahkan menjadi Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional di Istana Negara jakarta.

Sandarsyah  berpesan jika  peserta seleksi ada yang tidak terpilih, janganlah terlalu berkecil hati. Karena seleksi yang telah dijalani akan bermanfaat bagi calon pasukan pengibar bendera. Sedangkan bagi yang lulus seleksi, maka peserta tersebut akan berkesempatan mendapat kepercayaan dan tanggung jawab yang cukup besar untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73, oleh karena itu jalanilah dengan sungguh-sungguh.

Sementara itu dalam sambutanya Sekretaris DPRD Lambar Mulyono menyampaikan salah satu tujuan dari adanya seleksi ini adalah untuk menyaring dan menghasilkan paskibraka yang benar-benar mampu menjalankan tugasnya sebagai pasukan pengibar bendera dalam rangka hut kemerdekaan RI pada tanggal 17 agustus tahun 2018 ini.  paskibraka ini merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan jiwa pemuda melalui pelatihan kepemimpinan dengan kegiatan pelatihan paskibraka.

“Anggota paskibra kabupaten lampung barat yang akan diseleksi ini tentu nantinya adalah pemuda-pemudi terpilih. kalian harus bangga jika kelak terpilih sebagai anggota paskibraka, karena untuk menjadi paskibraka ini tidaklah mudah, namun harus melalui seleksi yang ketat dan yang terbaiklah yang terpilih”, Ujarnya.

Kesemuanya itu harus diperjuangkan sejak dini, karena selain memerlukan pengorbanan, juga memerlukan niat, tekad, semangat, dan kerja keras yang tinggi serta keuletan dan ketekunan dari para peserta seleksi itu sendiri.

Dalam pelaksanaan seleksi ini disamping menjalani seleksi secara fisik, kalian juga mengalami pembinaan secara mental yang tentunya berguna dalam membangun sikap mental yang diperlukan pada pelaksanaan pengibaran bendera merah putih. tentu tanpa itu semua, kalian tidak akan mampu melaksanakan tugas yang berat nantinya dan yang pasti kalian tidak memenuhi persyaratan untuk menjadi anggota paskibra. (Sumber:nenemonews.com)

1,289 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

BUPATI LAMBAR RESMIKAN SPAM IKK PDAM WAY TENONG

Lampung Barat, lampungvisual.com- Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan didamping oleh Asisten Bidang Perekonomian Ir. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI