Home / Lampung / Lampung Tengah / Dewan Riset Daerah Siap Bantu Kembangkan Potensi Wisata

Dewan Riset Daerah Siap Bantu Kembangkan Potensi Wisata

Lampung Tengah, lampungvisual.com-

Dalam rangka  mengembangkan potensi  pariwisata yang ada di wilayah Lampung Tengah, para Anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Lampung Tengah melakukan kunjungan ke Bendungan Tirta Gangga  Yang berada di Kampung Swastika Buana Kecamatan Seputih Banyak.

Dari kunjungantersebut di dapatkan beberapa rencana pengembangan tempat wisata  ini ,yang akan segera di susun bersama beberapa OPD  terkait sehingga potensi wisata di Lampung Tengah dapat dikenalkan ke masyarakat luas  baik di Lampung Tengah maupun di luar Lampung Tengah.

Menurut ketua DRD  Lampung Tengah Ir.anshori djausal, di Tirta Gangga banyak sekali potensi wisata yang dapat di kembangkan diantaranya wisata pendidikan,kuliner,budaya,keagamaan,dan wisata olah raga dan aksesnya pun  tidak jauh dari jalur lintas timur ,sehingga dapat menarik wisatawan di seluruh wilayah sumatera apabila di kelola dengan baik.

“Tirta Gangga ini posisinya sangat menarik aksesnya tidak jauh dari jalur lintas timur hanya satu setengah kilo meter, area ya bagus,airnya bagus dan masyarakat juga tampaknya sangat mendukung dengan pengalaman yang ada ,sudah ada budi daya perikanan yang berjalan. Tinggal tingkatkan dan  kembangkan menjadi tujuan wisata yang berbasisi masyarakat.kita tidak harus ke wisata yang hanya bersenang senang tetapi saat ini ada wisata yang menrik untuk di kembangkan yakni wisata pendidikan,anak anak dari PAUD hingga mahasiswa bisa di kaitkan dengan wisata air ataupun ikan ,kuliner,budaya ataupun olah raga,sehingga dapat menghidupkan daerah ini,’’ungkap Anshori Djausal, Sabtu (6/10).

Ketua DRD menambahkan ,untuk itulah di perlukan peran dari beberapa OPD  untuk saling bergotong royong membenahi tempat tersebut.dan peran serta masyarakat sekitar sehingga dapat di kembangkan menjadi pariwisata berbasis masyarakat.

“Untuk membangunnya pun harus secara bergotong royong dan beramai ramai tidak bisa hanya satu sektor saja tetapi semua sektor harus ikut di dalamnya karena tujunanya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.Membangunnya pun memerlukan waktu namun jika secara beramai ramai dan bergotong royong semua sektor  mungkin dalam waktu tiga tahun akan  selesai,’’jelasnya.

Untuk itulah di perlu meyakinkan masyarakat sekitar dan jika itu sudah ada maka akan merekomendasikan kepada bupati untuk dpat di rencanakan secara koperhensif.

‘’Yang pertama langkah kita adalah meyakinkan masyarakat terlebih dahulu,disini ada camat,kepala kampung dan masyarakat jika mereka sudah yakin barulah tahapannya kita akan merekomendasikan kepada Bupati untuk dapat di rencanakan secara koperhensif,sehingga menjadi rencana detail yang akan di kerjakan oleh pemerintah.Jika pemerintah sudah menyelesaikan itu maka masyarakat akan mendukungnya’’pungkas Anshori Djausal.

Sementara itu camat Seputih Banyak Supriyanto mengatakan siap mendukung apa yang menjadi rencana pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Lampung Tengah.

“Kami mulai dari masyarakat Kampung dan masyarakat Seutih Banyak siap mendukung apa yang menjadi rencana dan harapan  pemerintah  daerah Lampung Tengah,Tirta  Gangga ini menjadi salah satu destiminasi wisata provinsi Lampung tentunya karena aksesnya  ini tidak terlalu jauh dari lintas timur dan nantinya juga akan terhubung dengan lintas Tol dan akses kita ini juga di lalui oleh masyarakat Aceh di ujung Indonesia yang akan ke Jakarta,Dan jika ada kerjasama ataupun gotong royong dari semua pihak saya yakin ini  bisa terwujud dan masyakat siap mendudkungnya,’’tutup Supriyanto .(Iswan)

2,137 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Loekman : Saya Ingin Melihat Masyarakat Lamteng Tersenyum 

Lampung tengah, lampungvisual.com- Menguraikan sedikit penderitaan masyarakat Lampung Tengah, membuat tak kuasa air mata Bupati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI