Breaking News
Home / Lintas Desa / Bupati Way kanan hadiri panen Raya padi MT April-September 2018

Bupati Way kanan hadiri panen Raya padi MT April-September 2018

Way Kanan, lampung Utara, lampungvisual.com-

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, bersama Ketua Tim Penanggung Jawab UPSUS Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Dandim 0427 Way Kanan, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Way Kanan, Kepala SKPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Way  Kanan, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Way Kanan, Camat Bahuga, Kepala Kampung Bumi Agung Wates membuka acara musim raya  panen padi sawah Musim Tanam (MT) April-September 2018 milik petani setempat. Di Kampung Bumi Agung Wates Kecamatan Bahuga Rabu (15/08/2018)

Dikesempatan itu, Bupati Raden Adipati Surya mengatakan pertanian merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Way Kanan. Karena mempunyai peranan yang strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Dengan dukungan potensi sumber daya alam yang memadai maka hampir 80% penduduk Way Kanan bermata pencaharian di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan, dari berbagai sektor tersebut bidang tanaman pangan menjadi andalan dalam pelaksanaan pembangunan pertanian di Kabupaten Way Kanan dengan potensi luas lahan sawah ± sebesar 21.754 Ha.

“Dalam rangka meningkatkan produksi pangan masyarakat, pemerintah memberikan dukungan sarana dan prasarana bidang pertanian, ini diwujudkan dalam berbagai bentuk antaranya, bantuan sarana produksi seperti benih padi, jagung dan kedelai dan pupuk. Bantuan sarana pengendalian hama dan penyakit tanaman.  Bantuan alat dan mesin pertanian,”ujarnya menanggapi masa panen tersebut.

Ia menegaskan,  terkait bantuan yang diberikan pemerintah selayaknya para petani dapat memanfaatkan secara maksimal.

“Sarana dan prasarana yang telah diberikan kepada kelompok tani yang berupa alat dan mesin pertanian, agar tidak memonopoli penggunaan alat dan mesin pertanian tersebut, sehingga peralatan tersebut dapat bermanfaat bagi petani secara umum dan menyeluruh,”beber dia.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan Maulana,  menjelaskan,

Petani kampung Bumi Agung Wates telah mulai musim panen tanam April – September.” Dari luasan lahan 630 Hektar Sawah yang di panen ini menimbulkan rata rataenghasilkan 8,4 ton / Ha gabah kering panen (gkp). Panen diperkirana masih akan berlangsung hi gga September mendatang,”ujarnya saat dikonfirmasi via Telpon, Rabu (15/8).

Terkait harga gabah tersebut, Maulana mengatakan bahwa saat ini kondisi harga gabah di Petani cukup stabil berkiran rp.4.600/ kg nya. ” memang harga saat ini cukup stabil, dan seorang petanian dalam perhektarnya bisa.mendapat penghasilan diatas 30 juta rupiah..,”tutupnya. (fik)

7,022 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

About lampung visual.com

Check Also

Agung Ilmu Mangkunegara : Bersyukur Merupakan Kunci Sukses

Lampung Utara, Lampungvisual.com- Bersyukur merupakan kunci sukses, oleh karena itu diharapkan kita semua harus bersyukur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: HARGAI KARYA KAMI